Selasa, 03 Maret 2015

Foto memalukan, duel massal suporter Persib vs Arema. Harusnya berdamai seperti Viking dan Jack Mania

Kemenangan manis Persib Bandung atas Arema pada lanjutan Indonesia Super League di Lapangan Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu 13 April 2014 dinodai oleh aksi tak simpatik kedua kelompok suporter. Mereka terlibat perkelahian dan adegan itu terekam oleh jepretan kamera wartawan foto Antara.
Pendukung Persib Bandung terlibat perkelahian dalam pertandingan sepakbola antara Persib Bandung dan Arema Malang pada lanjutan Indonesia Super League di lapangan Jalak Harupat kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (13/4).
Pendukung Persib Bandung terlibat perkelahian dalam pertandingan sepakbola antara Persib Bandung dan Arema Malang pada lanjutan Indonesia Super League di lapangan Jalak Harupat kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (13/4). Persib Bandung berhasil mengalahkan Arema Malang dengan skor 3-2.
Pendukung Persib bentrok dan duel dengan pendukung Arema Malang
Memalukan
Berkaitan dengan hal itu Kapolda Jabar Mochamad Iriawan akan memperketat ijin tanding untuk Persib Bandung. “Jika ada misalnya ketidakdewasaan dari Bobotoh maka akan kami evaluasi lagi mengenai pemberian izin, namun jika bobotoh tertib maka akan dengan mudah kami berikan izin selanjutnya,” kata Kapolda Jabar Mochamad Iriawan saat kunjungan ke KPU Kota Sukabumi, Jalan Otista No 135, Kota Sukabumi, pada Minggu 12/4.
Iriawan menjelasakan bahwa hal itu sesuai dengan komitmen yang dibacakan oleh Viking (pendukung Persib) dan Bomber saat islah yang dilaksanakan di Cibinong, Jumat (9/4/2014) lalu. “Arema bisa dibilang juga sebagai rival kedua dari Persib Bandung, jadi kalau tidak ada laporan yang negatif mengenai pertandingan ini maka tidak usah takut, Polda Jabar akan berikan dukungan penuh dalam pengamanan, pertandingan selanjutnya,” katanya.
Oleh karenanya Iriawan berharap agar para pendukung Persib Bandung, bagaimanapun hasil pertandingan menang atau kalah, bisa bertindak dewasa dan tidak melakukan tindakan anarkisme dan vandalisme.
Peristiwa perkelahian antara pendukung Persib dan Arema seharusnya menjadi cermin perlunya islah di antara para supporter sepakbola Indonesia.
Sebelumnya diberitakan Persib dan Persija telah melakukan islah di Mapolres Kabupaten Bogor, Jalan Pemda Tegar Beriman, pada Jumat (9/4/2014) lalu. Bobotoh dan The Jak Mania berjanji untuk berdamai dan melupakan kesalahan-kesalahan yang lalu yang dilakukan kedua belah pihak. (Baca artikel: Nah, gitu dong: The Jakmania dan Viking sepakat damai!)
Dalam perjanjian tertulis tersebut itu pun kedua belah pihak juga berjanji untuk menjaga ketertiban dalam setiap pertandingannya, dan mengutamakan persaudaraan dibanding rivalitas.
“Sejarah” bentrokan pendukung Arema dan Persib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar